Buah—Buah Lezat yang Dapat Mencegah Diabetes


Buah ara merupakan buah dengan rasa lezat yang biasa disantap saat musim panas. Buah ara sangat pas disantap dengan keju dan salad. Buah ara sangat tinggi serat, potasium, mangan, dan sumber kalsium yang jarang ditemukan di buah lainnya.

Saat sedang tidak musim buah ara, Anda masih bisa merasakan rasa khasnya serta manfaatnya dengan menyantap buah ara yang sudah dikeringkan. Meskipun tinggi kalori, buah ara kering adalah makanan ringan bergizi tinggi, memberi sekitar 10% atau lebih dari RDA untuk kalsium, serta 4 g serat, 300 mg kalium, dan sejumlah vitamin B6. Mengonsumsi buah ara dengan buah jeruk atau sumber vitamin C lainnya akan meningkatkan penyerapan zat besinya.

Manfaatnya Untuk Kesehatan

Dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Buah ara segar ataupun kering adalah sumber pektin yang baik, serat larut yang membantu menurunkan kolesterol darah dan dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Buah ara juga kaya potasium, yang membantu aktivitas normal elektris pada jantung.

Dapat membantu mencegah diabetes. Kandungan serat pada buah ara dapat membantu mencegah diabetes tipe 2, dan menurunkan kadar insulin dan kadar gula darah.

Membantu mengurangi risiko kanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makanan berserat tinggi seperti buah ara dapat membantu mengurangi risiko kanker tertentu, seperti kanker usus besar, kanker payudara, dan kanker prostat. Lihat cara mencegah kanker lainnya disini: https://www.deherba.com/10-tips-jitu-mencegah-kanker.html

Menunjang kesehatan tulang. Kandungan kalsium buah ara dapat membantu mencegah keropos tulang terkait dengan usia.

Meredakan sembelit. Buah ara juga memiliki efek pencahar, sehingga sangat bermanfaat bagi orang-orang yang sedang menderita sembelit kronis.

Resiko Untuk Kesehatan

Diare. Mengonsumsinya terlalu banyak buah ara dapat memicu diare, itu dikarenakan efek pencahar dari buah ara.

Membuat gigi berlubang. Khususnya yang dalam bentuk kering, kandungan gula yang tinggi dapat menyebabkan buah menempel pada gigi sehingga menyebabkan pada kerusakan gigi.

Sariawan. Hindari buah ara jika Anda rentan terhadap luka yang menyakitkan ini.

Tips Memakannya

  • Belah dua buah ara yang masih segar, lalu bagian atasnya oleskan dengan krim krim keju dan pistachio.
  • Selai buah ara yang tidak mengandung gula juga bisa dioleskan ke daging babi panggang.

Tips Membelinya

  • Buah ara belum matang setelah dipetik, jadi saat memilih, pilihlah yang paling matang.
  • Carilah buah ara yang tidak bercacat dengan kulit ungu tua—buah ara harus lembut tapi tidak sampai lembek. Hindari buah ara yang sudah muncul jamur.
  • Untuk mendapatkan buah ara yang paling manis, lihatlah tetesan uap air di lubang di bagian bawah buah. Anda juga bisa menciumnya, jika buah ara tsb mengeluarkan bau seperti bau busuk, jangan pilih buah tsb.

Tips Menyimpannya

  • Buah ara yang disimpan di kulkas dapat dimakan dalam 2 hari saja—buah ara mudah untuk membusuk.

Like it? Share with your friends!

-1
, -1 points
What's Your Reaction?
Cute
0
Cute
Lol
0
Lol
Love
0
Love

Buah—Buah Lezat yang Dapat Mencegah Diabetes

log in

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Personality quiz
Trivia quiz
Poll
Story
List
Meme
Video
Audio
Image