Sejarah Renang Gaya Kupu Kupu


Gaya renang kupu-kupu atau yang dikenal dengan Butterfly Stroke yaitu satu diantara banyaknya gaya renang yang diperlombakan dalam hampir tiap Olimpiade serta lomba-lomba resmi yang ada. Karna pergerakan kakinya, style ini dikenal juga dengan nama gaya lumba-lumba atau dolphin.

Jika dibandingkan dengan gaya renang yang lain, berenang dengan gaya kupu-kupu membutuhkan kemampuan yang besar dari perenang. Dari segi kecepatan, gaya renang kupu-kupu didapat dari ayunan kedua tangan dengan momentum yang sama, digabung dengan dorongan kaki yang serentak. Ketepatan irama sangat diperlukan dalam pergerakan ini.

Gaya Renang Kupu Kupu

Gaya kupu-kupu merupakan jenis gaya renang paling baru dalam laga renang. Menurut sejarahnya gaya ini merupakan modifikasi dari renang gaya dada. Perenang yang pertama kali menggunakan gaya kupu-kupu awal kali turut dalam lomba renang pada th. 1933.

Sejarah Renang Gaya Kupu Kupu
Gambar orang yang berenang menggunakan gaya butterfly stroke

Sejarah renang gaya kupu-kupu di awali dengan adanya turunan atau pengembangan dari gaya dada dan katak. Dada dihadapkan ke bawah dan kedua tangan dihentakkian kebawah lalu ke belakang dan diayunkan lagi keluar air.

Ketika tangan berada di bawah, kedua kaki dengan berbarengan menghimpit kebawah dan mengimbangi dari pergerakan tangan seakan mendorong tubuh bergerak ke depan atau ke atas permukaan air untuk mengambil nafas.

Selanjutnya ketika kepala masuk ke dalam air, tangan juga mengikuti dibarengi dengan kaki yang kembali menghimpit kedalam. Gerakan naik turun kaki ini mirip dengan sirip ekor pada lumba-lumba. Untuk mengambil nafas haruslah cepat karena gaya lumba-lumba tidak memungkinkan untuk meletakkan kepala di atas air terlalu lama.

Gerakan Renang Gaya Kupu-Kupu

Berbeda dengan gaya renang yang lain yang biasanya tidak terlalu sulit untuk dikuasai, perenang pemula membutuhkan waktu yang lama untuk pelajari koordinasi pergerakan tangan serta kaki dalam menggunakan style kupu-kupu pada saat berenang.

Sejak dimulainya sejarah gaya renang kupu kupu juga banyak yang beranggapan bahwa gaya inilah yang paling sulit untuk dipelajari, terlebih untuk para pemula. Dibandingkan teknik yang lain teknik kupu-kupu yang jelek tidak bisa ditutupi meskipun kita berusaha dengan mengeluarkan tenaga yang besar sekalipun.

Sejarah Renang Gaya Kupu Kupu

Pada kisaran tahun 1933, seorang perenang dari AS yang bernama Henry Myers berenang dengan menggunakan gaya kupu-kupu pada perlombaan renang Brooklyn Central YMCA. Pelatih renang David Armbruster saat itu mempelajari beberapa kendala air pada saat perenang menggunakan gaya dada.

Pada tahun 1934, Armbruster sudah berhasil melakukan beberapa perbaikan pada cara yang ia gunakan ketika mengayunkan lengan ke depan dengan berenang menggunakan gaya dada. Armbruster mengatakan bahwa gaya baru tersebut akan menjadi gaya kupu kupu. Kenyataannya gaya tersebut susah dipelajari, seorang perenang ahli yang menggunakan kupu-kupu mampu berenang lebih cepat dibanding gaya yang lain.

Pada tahun 1935, seorang perenang yang diketahui bernama Jack Sieg dari Kampus Iowa meningkatkan kemampuan pada tehnik menendang seperti ekor ikan, Sieg berenang dengan badan dimiringkan ke satu bagian. Ia juga berpendapat tendangannya lebih mirip sepakan ekor lumba-lumba. Armbruster dan Sieg kemudian juga mengikuti jejak tehnik ini dan menjadikannya gaya renang yang amat cepat.

Richard Rhodes mengklaim bahwa orang seorang bernama Volney Wilson adalah orang yang yang pertama kali menemukan/membuat sepakan lumba-lumba setelah ia mempelajari pergerakan dari ikan di air. Volney Wilson-pun mencoba pergerakan barunya dalam kontes penyisihan wakil Amerika Serikat untuk Olimpiade di tahun 1938. Akhirnya, Wilson terkena diskualifikasi.

Begitulah sejarah gaya renang kupu kupu yang dapat saya ketikkan di ashinmettacara, semoga bermanfaat dan terimakasih.


Like it? Share with your friends!

0
, 0 points
What's Your Reaction?
Cute
0
Cute
Lol
0
Lol
Love
0
Love

Sejarah Renang Gaya Kupu Kupu

log in

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Personality quiz
Trivia quiz
Poll
Story
List
Meme
Video
Audio
Image